Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

Pertanyaan: Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya?

Jawaban: Jika kompas diletakkan di sebelah kiri magnet batang (seperti yang ditunjukkan pada gambar) maka jarum kutub selatan akan mengarah ke kanan (ke arah kutub utara magnet batang) sedangkan kutub utara kompas akan menunjuk ke arah kiri.

Benda padat terdiri dari partikel peyusun yang disebut atom. Atom-atom ini memiliki momen magnet. Gabungan momen magnet dari atom-atom penyusun benda inilah yang membuat suatu benda memiliki sifat magnet. Sifat magnet benda muncul dalam bentuk interaksi tarik menarik atau tolak menolak antar sesama benda magnet.

Magnet akan memiliki dua kutub yang dinamai kutub utara dan kutub selatan. Interaksi yang dapat terjadi antara benda magnet adalah:

  • Jika kutubnya sejenis (utara dengan utara atau selatan dengan selatan), ia akan tolak menolak.
  • Jika kutubnya berlawanan jenis (utara dengan selatan atau sebaliknya), ia akan mengalami tarik menarik.

Pada gambar di atas, terlihat bahwa magnet batang memiliki kutub utara di sebelah kiri dan kitub selatan di sebelah kanan. Karenanya, saat kompas didekatkan maka kutub selatan kompas akan tarik menarik dengan kutub utara magnet batang, sehingga hasil akhirnya adalah kutub utara kompas menunjuk ke kiri dan kutub selatan kompas menunjuk ke kanan.

*Itulah tadi jawaban atas pertanyaan gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya.

Berikut ini kami juga sudah menyajikan informasi tambahan mengenai Kompas untuk menambah wawasan kamu. Jika ingin membaca lebih jelas, silahkan berikut ini:

Baca Juga  Pengertian, Tujuan, dan Tugas Ekskul PMR di Sekolah

Penjelasan Lebih Lanjut Mengenai Kompas dan Jenis-Jenisnya

Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya
*Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

Kompas ialah sebuah alat dengan kegunaanya untuk dapat menentukan arah mata angin. Bagi kalian yg suka sekali berpetualang ke alam liar seperti Hutan, Safana dan lainnya, perlu sekali untuk kalian dapat memahami cara kerja dari alat bernama kompas tersebut. Dengan satu alasan penting, yakni agar diri kalian tak tersesat dalam perjalanan nantinya.

Untuk dapat memahami cara kerja dari sistem kompas termasuk pada hal yg sulit untuk dapat dilakukan, hal tersebut dikarenakan diri kita yg sudah terbiasa dengan dunia digital sekarang ini, penggunan Google Maps yg dianggap lebih mudah dan praktis bila dibandingkan dengan penggunaan kompas. Hal demikian bahkan dapat membuat kebanyakan orang sulit sekali untuk dapat menentukan arah mata angin.

Berikut di bawah ini mimin sajikan penjelasan mengenai setiap bagian yg terdapat pada jenis Kompas Prisma atau Kompas Bidang, antara lain sebagai berikut:

  • Dial, berupa berupa wujud angka dan huruf seperti Satuan Derajat, Huruf  U ( Utara), T (Timur), S (Selatan) dan B (Barat) yg terdapat pada Kompas.
  • Dua garis yang dapat diputar dengan sudut 45 Derajat.
  • Visir atau lubang yg berguna untuk membidik sasaran yg terdapat pada bagian kawat halus.
  • Kaca Pembesar yang berfungsi untuk dapat melihat derajat.
  • Jarum Penunjuk yg berfungsi untuk dapat menunjuk pada arah Utara magnet.
  • Alat Penggantung untuk ibu jari kita menopang Kompas.

Jenis-Jenis Kompas

Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya
*Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

Banyak yang belum mengetahui kalau kompas terbagi menjadi dua jenis, yakni Kompas Analog dan juga Kompas Digital. Buat kalian yg masih belum mengetahui mengenai kedua jenis kompas tersebut, dapat langsung simak saja penjelasan yg telah mimin sajikan di bawah ini.

Baca Juga  Inilah Visi Misi PMR Yang Harus Kalian Ketahui anak PMR!

Kompas Analog, ialah kompas yg seringkali kita jumpai dalam kehidupan sehari-sehari, misal saja seperti Kompas yang kalian temui pada acara  kegiatan Pramuka. Selain itu, Kompas Analog juga terbagi atas beberapa jenis bagian, seperti Kompas Lensa, Kompas Bidik dan Kompas Orienteering.

Kompas Digital, ialah kompas yg memiliki proses kerja menggunakan bantuan komputerisaisi, dengan fungsinya tentu untuk dapat menentukan arah berupa sebuah jarum panah penunjuk magnetis yg dapat menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Untuk jenis kompas satu ini mungkin sering kalian temukan pada sistem navigasi dalam ponsel atau perangat elektronik lainnya.

Cara Kerja Kompas

Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya
*Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

Banyak orang yang menggangap pengguna kompas sangatlah ribet dan sulit, namun kenyataanya penggunaan kompas itu sangat mudah dan praktis banget. Dengan adanya gaya tarik-menarik antar jarum magnet pada kompas dengan kutub magnet bumi. Adapun jarum kompas yg terbuat dari magnet tersebut akan selalu menuju ke arah Utara dan juga Selatan magnetis.

Cara Menggunakan Kompas

Bagi kalian yg masih bingung dan tidak mengetahui gimana cara menggunakan kompas dapat langsung menyimak penjelasan yg mimin sajikan di bawah ini:

  1. Langkah pertama ialah dengan memperhatikan angka yang ada tepat di sebelah garis indeks.
  2. Setelahnya, pada bagian peta letakkan pada salah satu sudut garis ke Landmark, dan barulah kalian putar seluruh jarum jam kompas hingga sejajar arah utara pada bezel.
  3. Langkah berikutnya, ialah dengan membuat garis tepi dengan pensil.
  4. Kalian perlu untuk mengurangi langkah ke-2 dan ke-3 untuk Landmark lainnya.

Tips Penggunaan Kompas

Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya
*Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

Berikut di bawah ini mimin sajikan penjelasan penggunaan Kompas yg baik dan benar antara lain sebagai berikut:

  • Bila kalian hendak pergi ke alam liar dan memerlukan kompas sebagai penunjuk arah kalian, maka mimin sarankan untuk kalian memerlukan pengujian terlebih dahulu pada kompas yg kalian pakai di daerah yg sudah kalian ketahui.
  • Panah pengarah selalu mengarah pada arah Utara meski aliran sedang menuju ke arah selatan, sehingga setelah kalian melakukan pembacaan awal, maka perlu untuk kalian ulangi kembali proses panah pengarah jarum kompas untuk dapat memastikan bahwa kalian sudah berada di arah yg benar.
  • Dalam penggunaan kompas, perlu untuk kalian tidak meletakkan kompas berdekatan dengan barang-barang yg terkandung magnet di dalamnya. Misal seperti Pisau, Ponsel, Streo, Gunting dan lain semacamnya sob. Hal demikin perlu untuk tidak dilakukan mengingat kesemua barang tersebut dapat memberikan efek pada jarum untuk dapat mengarah ke selatan.
Baca Juga  Jika ketersediaan barang melebihi permintaan pembeli maka yang terjadi adalah

Cukup sudah sajian penjelasan mengenai pertanyaan gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya? Lengkap dengan jawaban dan juga pembahasan tambahan mengenai Kompas untuk menambah wawasan kalian.

Semoga sajian kali ini dapat sangat berguna dan membantu kalian sob. Namun jika kalian masih memiliki pertanyaan lain selain gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya, maka silahkan langsung saja tulis di kolom komentar ya sob.

Sekian dan terima kasih banyak ya sob sudah membaca artikel tentang gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya di atas!

Leave a Comment