Hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan…

Hasil Pembuatan Video Harus Mengutamakan Kepuasan

Pertanyaan: Hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan?
a. lokasi
b. pemain
c. sutradara
d. penonton
e. editor​

Jawaban: d. penonton

Karena kalau lokasi itu berfungsi sebagai tempat pembuatan suatu video, kalau pemain berfungsi untuk memainkan suatu karakter di sebuah video. Kalau sutradara kalau tidak salah yang bertanggung jawab dalam sebuah pembuatan video. Dan editor berfungsi untuk mengedit suatu video agar terlihat lebih bagus dan agar membuat penonton puas melihat suatu video.

Itulah tadi jawaban atas pertanyaan hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan?
Pembahasan lebih lanjut mengenai Pembuatan Video untuk menambah wawasan kamu, bisa kamu baca berikut ini:

Proses Pembuatan Video / Produksi Video

Hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan

Dalam sebuah perencanaan pembuatan video yg baik dan benar, kegiatan memilih type video yg bakal dibuat ialah termasuk pada hal penting yg perlu untuk dilakukan sob. Ada banyak sekali type video yg diketahui, sebut saja seperti video Edukasi, Promosi, Penjelasan Poduk, Documentaries dan masih banyak lainnya. Barulah setelahnya kalian dapat masuk pada tahapan proses video, yg bahkan video reels 1 menit pun perlu untuk melewati tahapan satu ini untuk dapat menjadikan hasil video lebih bagus dan berkualitas.

Setiap Project Video tentunya membutuhkan pendekatan yg berbeda-beda dikarenakan tema atu type video, penjelasan dan sajian isi video, tujuan pembuatan video yg  pastinya juga berbeda-beda sob.

Namun dari kebanyakan proses pembuatan video yg mimin temukan, rata-rata mereka memerlukan waktu 2 minggu hingga 1 bulan untuk dapat melakukan penyelesaian keseluruhan langkah-langkah yg memang perlu untuk dilewati.

Dan berikutnya mimin sajikan penjelasan lengkap dan detail mengenai langkah-langkah kunci proses produksi video yg baik dan benar pada penjelasan di bawah ini.

1. Pre-production

Tahapan pertama yg perlu untuk dilakukan dalam proses produksi video ialah menentukan banyak hal-hal dasar seperti Goal, Budget, Perlengkapan, Cerita, Timeline dan yg terpenting ialah persiapkan semua yg diperlukan untuk setiap tahapan proses produksi.

Baca Juga  Aksi aksi demonstrasi kebanyakan dimotori oleh mahasiswa karena...

Dalam pembuatan sebuah video goals atau tujuan dari dibuatnya sebuah video haruslah jelas sob, sehingga di akhir dari proses nantinya kalian dapat melihat seberapa besar kemungkinan keberhasilan kalian dalam menarik perhatian Audience.

Tujuan pembuatan video yg kalian lakukan haruslah (SMART) Specific, Measurable, Achievacble, Relevant, Time-Bound Goals.

  • Specific, apa yg hendak kalian capai.
  • Measurabe, tentukan matriks yg dapat menentukan keberhasilan video.
  • Achievable, goals dan tujuan yg simpel dan praktis dapat memotivasi dan menginspirasi Tim.
  • Relevant, pastikan project video yg kalian kerjakan sesuai dengan selera Audiens.
  • Time-Bound Goals, perlu untuk kalian memperhatian setiap Deadlines.

2. Brief Produksi Video

Brief produksi video ialah ragam informasi yg memang sangat diperlukan saat proses produksi pembuatan sebuah video. Mengapa hal satu ini begitu diperlukan jawabannya? Ialah karena brief produksi video berisikan Tujuan, Budget, Timeline, Deadline, semua pihak yg terlibat, serta bagian penting lainnya untuk hasil proses produksi video sesuai dengan yg diharapkan, karena hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan penonton.

Melakukan pembuatan produksi video haruslah disesuaikan dengan budget atau anggaran yg nyata saja sob. Misal sesuaikan budget yg kalian miliki dengan jasa yg hendak kalian pakai, apakah bakal menggunakan jasa Editor Profesional atau melakukan pengeditan pribadi saja dengan memanfaatkan fitur editing online yg tersedia. Dan selain itu, ragam hal yg memang sangat diperlukan misal seperti Aktor, Motion, Graphic Artist, Ilustrator serta untuk jaga-jaga diperlukan juga kumpulan orang-orang yg dapat memback up apabila ada sesuatu hal tidak diinginkan terjadi.

3. Story dan Script

Hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan

Berikut di bawah ini mimin sajikan tips-tips yg perlu untuk dapat menulis script yg bagus dan benar, karena hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan penonton.

  • Tulis hal-hal yg perlu untuk sampaikan, bukannya yg terdengar bagus.
  • Perlu untuk memperhatikan jumlah kata, biasanya waktu satu menit dapat memuat 120-150 kata.
  • Script inti tak dapat menjadi acuan saat proses syuting, sehingga kalian perlu memberikan sedikit sentuhan modifikasi dan optimasi.
  • Perlu untuk memakai sudut pandang kedua.
  • Periksa script apakah sudah terdengar natural atau belum, jika belum lakukanlah sentuhan beberapa sentuhan akhir.
  • Dan yg terpenting ialah, masukan Visual dan Elemen Video untuk dapat melengkapi tampilan scene agar terlihat semakin kece dan keren sesuai dengan ekspetasi kalian.
Baca Juga  Gambar berikut menunjukkan jarum kompas dengan label utara dan selatannya

4. Video Story Board

Setelah selesai dalam pembuatan script, langkah selanjutnya yg perlu untuk dilakukan ialah memvisualisasikannya dengan storyboard. Kalian perlu untuk menambahkan Frame, Action, Script, Efek serta informasi tambahan dalam kesatuan yg sama, yg disebut sebagai video storyboard. Setiap hal yg mimin sebutkan sebelumnya memanglah harus perlu untuk disertakan ya sob, sehingga hasil proses produksi pembuatan video dapat tergambar dengan jelas dan mudah.

5. Produksi

Hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan

Pada tahapan ini kalian dapat melakukannya seorang diri atau juga dengan bantuan tim untuk dapat mengeksekusi ke semua hal penting yg harus dihadirkan pada tahap prosuksi. Bila memang kalian memiliki budget yg lebih, akan lebih untuk dapat menggunakan bantuan Tim, sehingga ke semua hal dapat terkontrol dengan baik dan berlajalan lancar tanpa kalian perlu untuk terlalu repot.

Dan hal terpenting ialah pastikan kalian melakukan proses produksi sesuai dengan storyboard yg telah kalian buat sebelumnya pada tahap Pra-Produksi. Dan bila kesemua hal sudah beres, maka kalian sudah dapat langsung menuju tahap selajutnya pada bagian post produksi.

6. Post Produksi

Tahapan ini ialah terpenting dan juga akhir dalam proses produksi video.

Kesemua ekspetasi hasil video yg kalian harapkan dapat tecipta di sini dan adapun ragam hal yg diperlukan dalam tahapan berikut ini dapat kalian simak penjelasannya di bawah ini.

7. Proses Editing

Hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan

Pada bagian pengeditan video ini, kalian dapat menyesuaikannya dengan budget yg kalian miliki dan tingkat kesulitan project video, bila memang memiliki cukup biaya, maka perlu untuk meminta Editor Profesional untuk mengerjakannya. Hal tersebut mimin pikir lebih baik dibandingkan kalian mengerjakannya sendiri dengan  memanfaatkan software berbayar atau gratis yg kalian miliki.

Baca Juga  Drama Teater Yang Lebih Menonjolkan Dialog Adalah Drama...

8. Komplasi Semua Footage dan Materi

Pada tahapan satu ini hanyalah pembuatan brief sederhana untuk proses editing ya sob, kalian perlu untuk dapat mempersiapkan kesemua material untuk dapat dipetakan dalam Timeline, sehingga setelah dapat digabung dengan Transisi. Selain itu, perlu untuk kalian untuk dapat menambahkan teks atau caption dan menghilangkan suara asli Footage, serta berilah sentuhan akhir berupa Sound Effect dan Background Musik untuk tampilan yg semakin keren dan epik, karena hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan pentonton, ya gk sob?

9. Selesaikan dan Export Videonya

Setelah selesai dengan tahapan Editing, hasil pembuatan video dapat masuk pada tahapan pengecekan dan Export video.

Pastikan kalian memilih format yg tepat untuk mengedit video dan barulah kalian dapat menyimpannya pada Draf. Pada tahapan ini perlu untuk dapat melakukan pengecekan dengan meminta para Stakeholders mereview hasil video. Dan setelah semua saran dan masukkan juga sudah kalian Akomodir, maka hasil pembuatan video sudah dapat untuk difinalisasi.

Setelahnya kalian sudah dapat mepublikasi hasil pembuatan video, dan barulah kalian dapat menganalisa hasil video dan mengetahui seberapa besar keberhasilan nya. Apakah sudah sesuai dengan tujuan atau tidak, bila belum sesuai dengan yg kalian harapkan, maka setelahnya perlu untuk melakukan Evaluasi dan pastikan kalian harus untuk lebih baik lagi kedepannya, agar hasil projek lebih bagus dan mengalami peningkatan.

Cukup sudah sajian penjelasan mimin mengenai hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan beserta informasi tambahan mengenai Pembuatan Video yang bisa menambah wawasan kamu. Jika kamu masih memiliki pertanyaan lain selain hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan? maka silahkan saja komentar di bawah ya sob.

Berharapnya sajian penjelasan hasil pembuatan video harus mengutamakan kepuasan dapat sangat membantu dan berguna untuk kalian semua ya sob.

Sekian dan terimakasih banyak sob.

Leave a Comment