Arti Dari Kata Ho No Co Ro Ko Lengkap Dengan Pembahasan

Ho No Co Ro Ko – Ho no co ro ko memliki ari “ono utusaning pangeran (adanya utusan tuhan)“. Manusia sendiri pada dasarnya diciptakan Tuhan sama, yang mana sebagai bukti kebesaran tuhan dan nantinya bertugas untuk dapat menjaga kelestaian hidup (Hamemayu Hayuning Bawono).

ho no co ro ko

Berikut di bawah ini mimin sajikan pengertian dan maksud lengkap dari arti huruf-huruf Jawa yang jumlahnya ada 20 buah huruf di bawah ini:

ho no co ro ko

 

Ho No Co Ro Ko.
Do To So Wo Lo.
Po Dho Jo Yo Nyo.
Mo Go Bo Tho Ngo.

1. Makna Ho No Co Ro Ko.

Huruf-huruf di atas memiIiki arti ono utusan dalam bahasa jawanya sob, dan dalam bahasa indonesianya memiliki arti ada utusan Tuhan.

Adapun makna dari kumpulan huruf-huruf tersebut ialah, setiap manusia haruslah merasa bahwa dirinya ialah utusan dari yg maha kuasa Allat SWT, sebagai Khalifah Fil Ardhi/menjadi khalifah di muka bumi ini.

2. Makna Do To So Wo Lo.

Kumpulan huruf di atas memiliki arti, data utwo anane bedo-bedo dalam bahasa jawanya sob. Namun dalam bahasa Indonesia memilki arti beda-beda, antara orang yang satu dengan orang yg lain.

Adapun maksud dari kumpulan huruf tersebut terbagi dua antara lain:

  • Kemampuan yang tidak sama.
  • Orang yang sama tapi beda datanya.

Contoh yang tepat menggambarkan maksud dari makna satu ini ialah, bila dahulunya orang jepang bertubuh pendek, sekarang malah memiliki tubuh yang tinggi.

Baca Juga  Buffer Stock Adalah? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangannya!

Dan bila dahulunya wanita berdandan dan mengenakan sewek atau jarik, sekarang sudah memakai celana.

3. Makna Po Do Jo Yo Nyo.

Kumpulan huruf-huruf di atas memilki pengertian, senajan kahanane bedo-bedo nanging podho joyone dalam bahasa jawanya. Namun dalam bahasa indonesia memiliki arti dan maksud ialah meskipun beda keahalian atau pekerjaan namun semua bisa sahaja berjaya.

4. Makna Mo Go Bo Tho Ngo.

Adapun kumpulan huruf di atas memiliki pengertian,  mongo sak kerso dalam bahasa jawanya. Dan dalam bahasa Indonesianya memiliki arti terserah mana yg bakal dilakukan, tapi ingat semua pasti ada resikonya.

Dari penjelasan di atas dapat mimin simpulkan bahwa pada dasarnya jati dirinya orang jawa ialah sama dengan jati diri negara atau suku lainnya, karena memang sama-sama ciptaan yg maha kuasa Allah SWT. Dan bahkan buku petunjuk yg dimiliki orang jawa sama yaitu Al Qur’an.

Cukup sudah sajian mengenai huruf jawa beserta artinya kali ini, semoga sajian kali ini dapat sangat berguna dan bermanfaat untuk kalian semua ya sob.

Sekian dan terimakasih.

Leave a Comment